Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus di Kota Langsa)

Main Article Content

Muhammad Rizal
Dias Setianingsih
Riny Chandra

Abstract

Berwirausaha tidak hanya dimiliki oleh para lelaki, tetapi wanita pun saat ini mulai tergerak untuk membuat suatu usaha yang dapat dijadikan tumpuan hidupnya. Mengingat kondisi sosial ekonomi sedang lemah serta sulitnya mencari pekerjaan di sektor pemerintahan atau pegawai negeri sipil yang membutuhkan berbagai persyaratan melalui jenjang pendidikan. Maka situasi tersebut menimbulkan semakin banyak peluang bagi wanita untuk mencari atau membentuk usaha pibadi melalui gagasan atau ketrampilan yang dimiliki dan dengan modal yang fleksibel. tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh faktor modal(X1), kemandirian(X2), emosional(X3), dan pendidikan(X4) secara parsial terhadap wanita berwirausaha di Kota Langsa. (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor modal, kemandirian, emosional, dan pendidikan secara simultan terhadap wanita berwirausaha di Kota Langsa. Jenis data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari data Primer dan Sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah Pengusaha Wanita di Kota Langsa dengan jumlah sampel data yang diperoleh sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan persamaan regresinya yaitu MWB = 2,221 + 0,143 KM + 0,244 M - 0,005 EM + 0,152 PDD. Hasil penelitian menunjukkan variabel modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi wanita berwirausaha, variabel kemandirian dan pendidikan berpengaruh positif tidak signifikan sedangkan variabel emosional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap minat wanita berwirausaha. Variabel kemandirian, modal, emosional, dan pendidikan mempengaruhi wanita berwirausaha di Kota Langsa sebesar 24,3%, sedangkan sisanya sebesar 75,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Rizal, M., Setianingsih, D., & Chandra, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 525-534. Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/72
Section
Articles