Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa

Main Article Content

Erni Yunaida

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi penyebab utama turunnya pendapatan produk surat dan paket (mail & parcell) serta memformulasikan alternatif strategi perusahaan dengan matrik SWOT (Strength, Weekness, Opportunity, Threat) Kantor Pos Langsa. Analisis SWOT dilakukan melalui matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) yang menguraikan faktor-faktor kekuatan terbesar dan kelemahan perusahaan dan matriks EFAS (External Factor Analysis Strategy) yang menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan, dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan di mana posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data di dapat total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dimana diperoleh bobot kekuatan tertinggi 3,75, bobot kelemahan tertinggi 2,25, bobot peluang tertinggi 3,75 dan bobot ancaman tertinggi 1,75. Nilai  total  skor  rata-rata  pada  matriks  IFE  sebesar  2,571 sedangkan,  matriks  EFE  memperoleh  total  skor  rata-rata  sebesar 2,818. Hasil tersebut menempatkan Kantor Pos Langsa  pada kuadran II, dan Strategi yang harus diterapkan adalah strategi diversifikasi (produk/pasar).

Article Details

How to Cite
Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 688-699. Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/216
Section
Articles