Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Populasi yang digunakan adalah pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik dan sampel yang digunakan sebanyak 92 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda KP = 2,479 + 0,261BF + 0,112K + 0,372DT + 0,022J + 0,122E dapat dinyatakan variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,589 atau sebesar 58,9% variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik.
Article Details
Menyataakan bahwa :
- Saya menyatakan bahwa artikel (judul artikel) adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau akan dipublikasikan di tempat lain.
- Dengan publikasi, saya kirimkan hak cipta kepada Jurnal Manajemen & Keuangan. Transfer Hak Cipta termasuk dalam hak untuk mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga termasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem computer untuk disebarluaskan dalam jaringan tersebut.
References
Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Jakarta: Media Presindo.
Huda, Nuh, Rinda Mustika Ningrum dan Wwik Liestyaningrum. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan BPJS terhadap Kepuasan Pasien di Poli Klinik THT Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.
Istijanto, 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Khasanah, Imroatul dan Octarina Dina Pertiwi. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS. St. Elisabeth Semarang. Jurnal Manajemen. Vol 12 No 2.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Noor, Juliansyah. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Ningrum, Rinda Mustika. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS
terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik THT Rumah Sakit Dr. Ramelan Surabaya. Jurnal Ekonomi
dan Bisnis. Vol 1 No 1.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Layanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing in Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitian Ekonomi. Jakarta: Caps
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
______________, Gregorius, Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein. 2005. Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
_____________. 2008. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.