Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa)

Main Article Content

Abdul Latief

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe dengan studi pada warung sido mampir yang menjual wedang jahe di kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Warung Sido Mampir. Oleh karena jumlah populasi tidak diketahui, maka untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus  Unknow Population. Sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang responden.  Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu siapa saja anggota populasi yang secara kebetulan dijumpai pada saat dilakukan penelitian dan memenuhi kriteria tertentu yaitu pelanggan Warung Sido Mampir. Dari hasil uji regresi berganda dapat dibuat persamaan regresi berganda sebagai berikut: Y = 1,470 + 0,168X1+ 0,222X2 + 0,172X3 + 0,113X4 . Dari hasil uji korelasi dan determinasi diperoleh nilai R positif dan berada antara angka 0 dan 1, artinya bahwa hubungan variabel produk, harga, promosi dan lokasi terhadap minat beli konsumen adalah positif dan berbanding searah, yaitu semakin baik produk, harga, promosi dan lokasi, maka minat beli konsumen akan semakin baik. Sedangkan nilai koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,232 menunjukkan besarnya pengaruh variabel independen yaitu produk, harga, promosi dan lokasi terhadap minat beli konsumen pada warung wedang jahe sebesar 23,2%.  Dan nilai F sig sebesar 0,000. Oleh karena nilai F sig 0,000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa varibel produk, harga, promosi dan lokasi  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen  pada warung jahe.

Article Details

How to Cite
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90-99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756
Section
Articles

References

REFERENSI
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Assael, H. 2008. Consumer behavior and marketing action. Boston: Wadsworth, Inc.
Ferdinand, A. 2002. Pengembangan minat beli merek ekstensi. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi II. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip., dan G Armstrong. 2008. Prinsip - Prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi Keduabelas.
Dialih bahasakan oleh Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
dan Kevin, Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1.
Dialih bahasakan oleh Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba.
, dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Schiffman, Leon., dan Lesslie, Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh.
Dialihbahasakan oleh : Zoelkifli Kasip. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Swashta, Basu., dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offet.
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Malang: Bayumedia Pubhlishing.
_. 2004. Asas - asas marketing. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
& Irawan. 2005. Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Syardiansah. 2017. Pengaruh Fasilitas, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Sewa
Lapangan Futsal oleh Mahasiswa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis. Vol. 8. Hal. 681-683
Bulan, T. P. L., Fazrin, K., & Rizal, M. 2017. Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen & Keuangan, 6(2), 729-739. https://doi.org/10.5281/zenodo.1320512
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Malang: Bayumedia Pubhlishing