Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis, Paramedis dan Penunjang Medis terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh

Main Article Content

Zefri Maulana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan paramedis dan kualitas pelayanan penunjang medis terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh. Responden penelitian adalah sebanyak 144 pasien yang diambil secara convinience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan medis, paramedis dan penunjang medis berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh. Semakin baik persepsi pasien terhadap pelayanan medis, paramedis, dan penunjang medis, akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka menerima pelayanan dari rumah sakit tersebut. Hubungan antara ketiga variabel independen (kualitas pelayanan medis, paramedis, dan penunjang medis) dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap termasuk katagori sedang (tidak erat dan tidak lemah), ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,534. Hasil pengujian statistik menyimpulkan baik secara simultan maupun secara parsial ketiga variabel independen (kualitas pelayanan medis, paramedis dan penunjang medis) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh.

Article Details

How to Cite
Maulana, Z. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis, Paramedis dan Penunjang Medis terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 516-524. Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/54
Section
Articles