Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi kualitas dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Langsa pengguna Sepeda Motor dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga dilakukan penarikan sampel dengan metode purposive sampling dengan perolehan sampel sebanyak 96 orang. Data primer diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada sampel 96 orang. Data dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan F) dan koefisien determinasi (R2).Hasil persamaan diperoleh KP=2,525+0,278Mt+0,168PK+0,442SK. Nilai t signifikan persepsi kualitas sebesar 0,023 dan a 5% (0,05) atau H0 di tolak karena t signifikan < 5% (0,023<0,05) dan dapat dinyatakan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Kota Langsa. Nilai t signifikan sikap konsumen sebesar 0,000 dan a 5% (0,05) atau H0 di tolak karena t signifikan < 5% (0,000<0,05) dan dapat dinyatakan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Kota Langsa. Hipotesis kedua yaitu motivasi, persepsi kualitas dan sikap konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Langsa dapat diterima yang dibuktikan dengan uji F, F Signifikan < 0,05 (0,00<0,05) artinya secara simultan atau bersama-sama variabel bebas (motivasi, persepsi kualitas dan sikap konsumen) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Kota Langsa. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,795 atau sebesar 79,5%. Sebesar 79,5% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh motivasi, persepsi kualitas dan sikap konsumen.
Article Details
Menyataakan bahwa :
- Saya menyatakan bahwa artikel (judul artikel) adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau akan dipublikasikan di tempat lain.
- Dengan publikasi, saya kirimkan hak cipta kepada Jurnal Manajemen & Keuangan. Transfer Hak Cipta termasuk dalam hak untuk mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga termasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem computer untuk disebarluaskan dalam jaringan tersebut.