Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Penggunaan Ponsel Merek Nokia di Kota Langsa

Main Article Content

Dewi Rosa Indah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas konsumen pada pengunaan ponsel merek Nokia di Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan ponsel Nokia di Kota Langsa dan diambil sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Persamaan regresi yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu LK = 0,914 + 0,113CM + 0,707H. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan ponsel Nokia. Hal ini dibuktikan dari uji t di mana thitung > ttabel(2,119 > 1,986) dan nilai signifikansi 0,035 < 0,05.  Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan ponsel Nokia. Hal ini dibuktikan dari uji t di mana thitung > ttabelttabel (3,350 > 1,986) dan nilai signifikansi 0,020 < 0,05. Citra merek  dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan ponsel Nokia. Hal ini dibuktikan dari uji F di mana Fhitung > Ftabel (7,917 > 2,484) dan tingkat signifikansinya 0,010 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa citra merek dan harga mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 46,30%, sedangkan sisanya sebesar 53,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Indah, D. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Penggunaan Ponsel Merek Nokia di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 4(1). Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/275
Section
Articles