Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasio Pembayaran Dividen pada PT. Indofood Sukses Makmur di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Main Article Content

Muhammad Nur Daud

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Free Cash Flow (Aliran Kas Bebas) dan Return On Asset (ROA) terhadap Rasio Pembayaran Dividen pada PT. Indofood Sukses Makmur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan Rasio Pembayaran Dividen yang diukur berdasarkan rasio antara devidend per share dengan earning per share yang dalam persentase menjadi variabel dependen dan dua variabel independen, yaitu Free Cash Flow yang diukur berdasarkan antara cash flow from operation dengan capital expenditures dan Return On Asset (ROA) yang diukur berdasarkan persentase dari rasio antara laba bersih setelah pajak dengan total aktiva. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan teknik dokumentasi serta laporan keuangan. Olah data menggunakan regresi linear berganda.Hasil pengolahan data diperoleh model Y = 22,508 + 0,00003515 X1 + 5,595 X2. Secara parsial, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Free Cash Flow (FCF)= 4,033 dan Return On Asset (ROA) = 3,793 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Rasio Pembayaran Dividen karena thitung > ttabel = 2,365. Berdasarkan hasil simultan diperoleh nilai F sebesar 4,989 dengan tingkat probabilitas 0,033 ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen, yaitu Free Cash Flow dan ROA berpengaruh secara signifikan terhadap Rasio Pembayaran Dividen pada PT. Indofood Sukses Makmur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Nilai Koefisien Determinasi (R2) adalah 0,563, hal inimenunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan 56,3 persen terhadap variabel Rasio Pembayaran Dividen.

Article Details

How to Cite
Daud, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasio Pembayaran Dividen pada PT. Indofood Sukses Makmur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 4(1). Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/274
Section
Articles