Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Sepeda Motor Yamaha terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Kecamatan Indra Makmu Aceh Timur
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, kesan kualitas, loyalitas merek dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian pada masyarakat Kecamatan Indra Makmu Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada 96 orang sampel. Data kemudian di analisis dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda, uji statistik dan koefisien determinasi. Hasil diperoleh KP= 1,073+0,358Km+0,280Kk+0,324Am+0,207Lm. Pada variabel kesan kualitas, t hitung > t tabel (2,646>1,986). Pada variabel Loyalitas merek t hitung > t tabel (2,732>1,986). Pada variabel asosiasi merek t hitung > t tabel (2,125>1,986) dengan demikian secara parsial dapat dinyatakan kesadaran merek, kesan kualitas, loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Kecamatan Indra makmu Aceh Timur.Hipotesis yang menyatakan kesadaran merek, kesan kualitas, loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Kecamatan Indra Makmu Aceh Timur, dapat diterima yang dapat dibuktikan dengan uji F diperoleh F hitung > F tabel (22,351>2,70) sehingga dapat dinyatakan secara simultan atau bersama-sama kesadaran merek, kesan kualitas, loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Kecamatan Indra Makmu Aceh Timur.R Square sebesar 0,496 berarti 49,6% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh kesadaran merek, kesan kualitas, loyalitas merek dan asosiasi merek.
Article Details
Menyataakan bahwa :
- Saya menyatakan bahwa artikel (judul artikel) adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau akan dipublikasikan di tempat lain.
- Dengan publikasi, saya kirimkan hak cipta kepada Jurnal Manajemen & Keuangan. Transfer Hak Cipta termasuk dalam hak untuk mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga termasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem computer untuk disebarluaskan dalam jaringan tersebut.