IMPLEMENTASI ASESMEN ALTERNATIF BERBASIS PRODUK DALAM BENTUK POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 3 LANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mendorong motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa melalui implementasi instrumen asesmen yang tergolong sebagai asesmen alternatif. Asesmen alternatif adalah pemanfaatan pendekatan non tradisional yang memiliki kelebihan karena dapat menilai multi kecerdasan, dan diakui sebagai asesmen yang sesuai dengan cara kerja otak. Penelitian ini memanfaatkan model classroom action research dengan model spiral milik Kemmis & Taggart dengan 4 fase kegiatan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek Penelitian ini adalah 39 orang siswa dikelas 7.1 SMPN 3 Langsa dengan obyek penelitian Implementasi asesemen alternatif pada pembelajaran IPS. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, rubrik penilaian asesmen alternatif dan tehnik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan data yang digunakan. Hasil dari penelitian tindakan kelas setelah melalui tiga siklus adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 75,79 (2) Kenaikan rata-rata ketuntasan hasil belajar Pendidikan IPS dari siklus I ke siklus II adalah 26,14 % dan kenaikan dari siklus kedua ke siklus ketiga adalah 12,72 %.