IMPLEMENTASI ASESMEN ALTERNATIF BERBASIS PRODUK DALAM BENTUK POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 3 LANGSA

  • Mufti Riyani Universitas Samudra
  • Cut Usdianur SMP Negeri 3 Langsa
  • Sopian Sopian SMP Negeri 3 Langsa
  • Darliani Darliani SMP Negeri 3 Langsa
Keywords: Asesmen Alternatif Berbasis Produk, kualitas Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mendorong motivasi, keaktifan  dan  hasil  belajar  siswa  melalui  implementasi  instrumen  asesmen  yang  tergolong sebagai asesmen alternatif. Asesmen alternatif adalah pemanfaatan pendekatan non tradisional yang memiliki kelebihan karena dapat menilai multi kecerdasan, dan diakui sebagai asesmen yang  sesuai  dengan  cara  kerja  otak.  Penelitian  ini  memanfaatkan  model  classroom  action research dengan model spiral milik Kemmis & Taggart dengan 4 fase kegiatan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.   Subyek Penelitian ini adalah 39 orang siswa dikelas 7.1 SMPN 3 Langsa dengan obyek penelitian Implementasi asesemen alternatif pada pembelajaran  IPS. Tehnik Pengumpulan data  yang digunakan  adalah observasi, wawancara, angket,  rubrik  penilaian  asesmen  alternatif  dan  tehnik  dokumentasi.  Data  yang  diperoleh dianalisis secara diskriptif kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan data yang digunakan. Hasil dari penelitian tindakan kelas setelah melalui tiga siklus adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 75,79 (2) Kenaikan rata-rata ketuntasan hasil belajar Pendidikan IPS dari siklus I ke siklus II adalah 26,14 % dan kenaikan dari siklus kedua ke siklus ketiga adalah 12,72 %.

Published
2018-11-24