PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 LANGSA

  • Rizki Amalia Universitas Samudra
  • Hardani Hardani SMP Negeri 1 Langsa
  • Yusniar Yusniar SMP Negeri 1 Langsa
Keywords: Based Learning, motivasi belajar, literasi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan motivasi belajar dan kemampuan literasi matematis siswa melalui penerapan Problem Based Learning yang dipadukan dengan Team Games Tournament di kelas VII.E SMP Negeri 1 Langsa. Jenis metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik non tes dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari pengukuran berupa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 64,14 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 84,14 pada tes kemampuan literasi matematis siswa. Motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 54,17 dan meningkat pada siklus II sebesar 70,83. Hal ini berarti pembelajaran matematika menggunakan Problem Based Learning yang dipadukan dengan Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII.E di SMP Negeri 1 Langsa

Published
2018-11-24