PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK GESER PEMFAKTORAN (BLOKER) MELALUI SCIENTIFIK APPROACH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

  • Muhammad Zaki Universitas Samudra
  • Nofriani Nofriani SMP Negeri 5 Langsa
Keywords: Alat Peraga Matematika, Scientifik Approach

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui cara menggunakan alat peraga Blok Geser Pemfaktoran (Bloker) melalui Scientifik Approach dalam Kurikulum 2013. Data yang digali dalam penelitian ini adalah kemampuan  menggunakan alat  peraga  Bloker  Pemfaktoran  melalui  Scientifik  Approach  Kurikulum  2013. Sumber data digali dengan observasi aktivitas guru terkait penggunaan alat peraga yang terintegrasi dalam pembelajaran Scientifik  Approach  dalam  Kurikulum  2013,  kemudian  berdasarkan  hasil  observasi,  peneliti mendeskripsikan dan mengungkapkan cara menggunakan alat peraga bloker dengan Scientifik Approach dalam Kurikulum 2013. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi bahwa penggunakan alat peraga Bloker Pemfaktoran terlaksana dengan tepat dan benar sampai pada tahap dimana alat peraga sudah ditinggalkan dan tinggal menggambarkan dan menggunakan tekniknya saja

Published
2018-11-24