PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GAMPONG TEUNGOH LANGSA

  • Alpidsyah Putra Universitas Samudra
  • Trilawati Trilawati
Keywords: Picture and piture, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan   model   pembelajaran   picture   and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gampong Teungoh. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang  dilakukan  dalam 3  siklus.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Gampoh  Teungoh  dan  yang  menjadi  sampel siswa  kelas  V  SD  Negeri  Gampong  Teungoh yang berjumlah 19 siswa. Pada siklus I besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 73,68%, pada siklus II mengalami peningkatan besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 74,74% atau meningkat  sebesar  1,06%  dari  siklus  I, sedangkan pada siklus III yang merupakan siklus terakhir dalam penelitian ini, besar persentase ketuntasan   hasil belajar siswa   secara klasikal pada siklus III yaitu 86,32% atau meningkat sebesar   11,58% dari siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and piture berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gampong Teugoh

Published
2018-11-20