KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DIMENSI TIGA PADA SISWA KELAS XII IPA

  • Suparman Suparman Universitas Terbuka
  • Badjuri Badjuri FKIP Universitas Terbuka
  • Khoirul Anwar FKIP Universitas Terbuka

Abstract

Pembelajaran memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Melalui pengembangan perangkat pembelajaran dengan model PBL(Problem Based Learning) diharapkan proses pembelajaran dapat lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi 4-D dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang meliputi empat tahap yaitu  pendifinisian,  perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subyek uji coba adalah siswa SMA Negeri 1 Dempet tahun 2017/2018dengan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, LAPD, BPD, BPG, dan tes prestasi belajar. Perangkat tersebut divalidasi oleh para ahli.Pengambilan data melalui pemberian tes dan observasi. Data tes yang diolah dengan uji ketuntasan belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran PBLmenghasilkan perangkat pembelajaran yang praktis dengan analisis keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:1)Mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII. 2) Memperoleh perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII yang valid. 3) Menentukan efektifitas implementasi perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII. 4) Menentukan kepraktisan model PBL materi Dimensi dua Kelas XII.

Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII berjalan sesuai model 4D. 2) Perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII yang dihasilkan validdengan rata-rata validitas 3,56 (sangat baik). 3) Implementasi perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII berjalan efektif, dengan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 78,42 dan tingkat ketuntasan sebesar 78,94%. Melalui uji – t diperoleh t hitung = 2,120 > ttabel = 2,021, artinya hasil belajar lebih dari 75,00 atau telah mencapai ketuntasan belajar 4) Perangkat pembelajaran model PBL materi Dimensi Tiga Kelas XII yang dihasilkan praktis, dengan keterlaksanaan RPP sebesar 3,91 (sangat baik), respon guru sebesar 3,67 (sangat baik) dan respon siswa sebesar 79,73%  (respon positif).

Published
2018-11-20