KONSEP PEMBELAJARAN TERPADU DALAM KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

  • Asnawi Asnawi Universitas Samudra
  • Ronald Fransyaigu Universitas Samudra
  • Bunga Mulyahati Universitas Samudra

Abstract

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar yuang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu pendekatan tersebut dijawab oleh
kurikukum yang sedang diberlakukan sekarang yakni Kurikulum 2013 dengan penggunaan pendekatan tematik terpadu pada semua tingkat di sekolah dasar.
Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan dan memadukan materi ajar baik dalam satu mata pelajaran ataupun antar mata pelajaran untuk memberikan pembelajaran yang bermakna pada peserta didik serta disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan lingkungan sosial.Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi
dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Published
2018-06-25