ANALISIS LEARNING OBSTACLES DALAM PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD

  • Sukirno Sukirno Universitas Samudra
  • Dini Ramadhani Universitas Samudra

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui learning obstacles (kesulitan belajar) pada pembelajaran penjumlahan pecahan. Jenis Penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis learning obtacles pada faktor hambatan ontogeni, yaitu belum adanya koneksi antara kesiapan mental mereka dengan materi yang mereka pelajari dan sulitnya beberapa orang siswa untuk berkonsentrasi. Pada faktor hambatan didaktik yaitu guru kurang mampu mengelola waktu, tidak menyediakan LKS, minimnya ragam masalah, dan tidak terlaksananya semua langkah yang ada di RPP. Pada hambatan epistimologi yaitu kesalahan dalam menentukan pecahan yang senilai dengan satu, kesalahan dalam mencari pecahan senilai, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam penguasaan prinsip adalah tidak mengetahui cara menyelesaikan soal dengan benar dan tepat, tidak mampu memahami masalah yang diberikan, dan tidak menggunakan penyelesaian yang baik.

Published
2018-06-25