PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA KAKI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA

  • Yoki Afriandy Rangkuti Universitas Samudra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan koordinasi mata kaki terhadap hasil belajar passing sepak bola. Di samping itu, peneli­tian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh koordinasi mata kaki terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran bermain dan model pembelajaran modifikasi, dan koordinasi mata kaki yaitu koordinasi mata kaki tinggi dan koordinasi mata kaki rendah.

Penelitian dilaksanakan di SMP Al-Azhar Medan. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan by level 2x2 dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan antara model pembelajaran bermain dan model pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar passing sepakbola (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan koordinasi mata kaki terhadap hasil belajar passing sepak bola. (3) bagi siswa yang memiliki koordinasi mata kaki tinggi,  pemberian model pembelajaran bermain memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar passing sepakbola (4) bagi siswa yang memiliki koordinasi mata kaki rendah, pemberian model pembelajaran modifikasi memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola.

Published
2018-06-12