PERKEMBANGAN PASAR IKAN LANGSA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KOTA LANGSA TAHUN 2001-2014

  • Mirza Mirza Universitas Samudra

Abstract

Setelah Kota Langsa lepas dari Kabupaten Aceh Timur tahun 2001, struktur perekonomian dibangun atas perdagangan, industri, dan pertanian. Begitu juga dengan Pasar ikan yang telah terjadi beberapa kali relokasi tempat semenjak berdiri 1976 hingga 2014. Hal itu di perkuatkan dengan tumbuhnya organisasi PPPAC di pasar ikan yang menumbuhkan rasa persatuan yang kuat dilingkungan pasar ikan Langsa.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejarah berdirinya sejarah berdirinya Pasar Ikan Langsa dari masa kemasa dan juga bagaimana pengaruh sosial ekonimi terhadap masyarakat Kota Langsa.
Metode penelitian yang di pakai dalam penelitian ini adalah historis dan metode deskriptif yang mencakup empat langkah atau tahapan, sebagai berikut: mencari dan menggumpulkan berbagai jenis sumbar baik primer maupun skunder. Melakukan kritik atas sumber-sumber yang dikumpulkan baik kritik ekstern maupun intern guna menguji otenttisitas dan kredibelitas.memunculkan berbagai fakta yang diperlukan dari sumber atau mengumpulkan fakta. Menshintesakan fakta-fakta dan menjadi suatu kisah sejarah yang lebih bermakna dan sempurna.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pasar ikan Kota Langsa menjadi ikon ekonomi kota Langsa, dimana perputaran uang sangat cepat bahkan menjadi jantung perekonomian Kota Langsa dan sekitarnya. Di Pasar Ikan bukan saja menjual Ikan saja akan tetapi menjual udang,cumi dan kepiting, bahkan tidak jauh dari pasar ikan terdapat Pasar Ayam Dan Pasar daging Lembu.
Diharapkan kepada pemerintah Kota Langsa untuk memeperhatikan khususnya penjual kaki lima dan kedisiplinanan sehingga tumbuh rasa peduli dengan lingkungan hinnga tercapai kebersihan koata dan meninggkatkan perekonomian dan menjadi PAD Kota Langsa.

Published
2018-06-23