PENERAPAN MODEL CETEMEP LEARNING MELALUI POKOK BAHASAN DEMOKRASI PANCASILA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INDONESIA

  • Sukirno Sukirno Universitas Samudra
  • Sofiyan Sofiyan Universitas Samudra

Abstract

Dalam proses belajar mengajar model pembelajaran  merupakan salah satu komponen yang penting , karena penggunaan model pembelajaran  yang tepat dan sesuai dengan materi akan memperoleh hasil yang baik.  Model  Cetemep Learning adalah salah satu model yang mudah dilaksanakan karena tidak memerlukan  waktu yang banyak dan tidak  memerlukan  biaya yang mahal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian standar kompetensi pembelajaran mahasiswa  Prodi Pendidikan Sejarah dengan model Cetemep Learning pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia pokok bahasan Demokrasi Pancasila.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan atau action research , yang menjadi subjek penelitian Mahasiswa Prodi Sejarah semester  I ( satu ) tahun akademik 2013/2014, jumlah sabjek merupakan jumlah sample yang ditetapkan mahasiswa unit A  yang berjumlah  40  orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model  Cetemep Learning sangat efektif dalam pembelajaran  karena dapat membawa ketuntasan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah pada pokok bahasan Demokrasi Pancasila. Dalam mata kuliah Kewarganegaraan Indonesia, Sejumlah 40 mahasiswa   tuntas dalam belajar.

Published
2018-04-17