PENERAPAN MODEL CETEMEP LEARNING MELALUI POKOK BAHASAN DEMOKRASI PANCASILA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INDONESIA
Abstract
Dalam proses belajar mengajar model pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting , karena penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi akan memperoleh hasil yang baik. Model Cetemep Learning adalah salah satu model yang mudah dilaksanakan karena tidak memerlukan waktu yang banyak dan tidak memerlukan biaya yang mahal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian standar kompetensi pembelajaran mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah dengan model Cetemep Learning pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia pokok bahasan Demokrasi Pancasila.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan atau action research , yang menjadi subjek penelitian Mahasiswa Prodi Sejarah semester I ( satu ) tahun akademik 2013/2014, jumlah sabjek merupakan jumlah sample yang ditetapkan mahasiswa unit A yang berjumlah 40 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cetemep Learning sangat efektif dalam pembelajaran karena dapat membawa ketuntasan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah pada pokok bahasan Demokrasi Pancasila. Dalam mata kuliah Kewarganegaraan Indonesia, Sejumlah 40 mahasiswa tuntas dalam belajar.