MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA

  • soedirman zainal Universitas Syiah Kuala
  • Ayu Suciani Universitas Samudra
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, TGT, Geografi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran geografi materi sumber daya alaam setelah diterapkannya model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI
IIS 1 SMA Negeri 1 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
dengan melibatkan peneliti, guru mata pelajaran geografi, dan siswa. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini antara lain informan, tempat penelitian, peristiwa, dan
dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang
terbagi dalam 3 komponen berurutan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Proses pembelajaran sebelum tindakan berpusat pada guru sehingga
keaktifan siswa kurang yang berdampak pada kurangnya pemahaman siswa yang
membuat hasil belajar kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari
tindakan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I keaktifan siswa hanya 62.5% dan hasil
belajar sebesar 66.6%. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keaktifan dan hasil belajar
meningkat masing-masing menjadi 91.6%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi sumber daya alam di kelas XI IIS 1
SMA Negeri 1 Langsa tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2018-12-10