Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan dan Minat Beli di Kota Langsa (Ritel Tradisional vs Modern)

Main Article Content

Tengku Putri Lindung Bulan
Riny Chandra
Suri Amilia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi konsumen secara langsung terhadap kualitas layanan; (2) pengaruh persepsi konsumen secara langsung terhadap minat beli; (3) pengaruh kualitas layanan secara langsung terhadap minat beli; dan, (4) untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen secara tidak langsung terhadap minat beli melalui kualitas layanan, pada ritel tradisional dan modern di Kota Langsa. Jumlah sampel sebanyak 399 orang ditentukan melalui rumus Slovin, sementara pemilihan responden menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode analisis data menggunakan path analysis. Hasil penelitian membuktikan persepsi konsumen secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan; persepsi konsumen secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli; kualitas layanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli; dan, persepsi konsumen secara tidak langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli melalui kualitas layanan. Nilai koefisien determinasi bahwa 86,2% informasi yang terkandung dalam data dapat dijelaskan oleh model, namun masih terdapat, sedangkan sisanya dijelaskan oleh error dan variabel lainnya di luar model penelitian.

Article Details

How to Cite
Lindung Bulan, T., Chandra, R., & Amilia, S. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan dan Minat Beli di Kota Langsa (Ritel Tradisional vs Modern). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 138-149. Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jseb/article/view/762
Section
Articles