Eksplorasi Kemanfaatan Field Study Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra)

Main Article Content

Syardiansah Syardiansah

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk menghasilkan kerangka kerja yang logis dan menyeluruh terkait pengembangan lingkungan dimana sumber daya manusia dalam hal ini didorong agar belajar untuk tumbuh. Pengembangan sumber daya manusia merupakan upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara luas, melalui pendidikan (pembelajaran), pelatihan, dan pembinaan. Salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan atau pembelajaran yang langsung diterapkan di lapangan dalam bentuk field study. Berdasarkan pengolahan dan analisis data, ditemukan bahwa field study memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Manfaat yang didapat mahasiswa tersebut dalam bentuk informasi baru atau terkini, dapat melihat dunia kerja secara langsung, peningkatan pengalaman dan dapat membandingkan teori yang diperoleh di kelas dengan yang ada di lapangan. Sedangkan peningkatan kompetensi mahasiswa dari kunjungan belajar dalam bentuk peningkatan pengetahuan dan wawasan tentang dunia kerja, dan mahasiswa menjadi lebih kritis terhadap lingkungan sekitar.

Article Details

How to Cite
Syardiansah, S. (2018). Eksplorasi Kemanfaatan Field Study Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 11-20. Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jseb/article/view/457
Section
Articles