Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors <p align="justify">Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra adalah Jurnal Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas Samudra. Nama Olahraga Rekreasi Samudra dipilih berdasarkan nama Prodi Pendidikan Olahraga yang secara filosofis identik dengan Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra terbit berkala dua kali dalam setahun dengan interval, edisi pertama pada bulan Januari dan edisi kedua pada bulan Juli. Setiap terbitan jurnal memuat artikel yang mengkaji, membahas penelitian atau temuan terbaru tentang Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi. &nbsp;Penulis jurnal ilmiah berasal dari komunitas Akademik (Mahasiswa-Pelajar), Peneliti, Dosen, Ilmuan dan yang lainya sesuai bidang kajian ilmiah Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi.</p> en-US andinova@unsam.ac.id (Andi Nova, S.Pd., M.Pd.) Thu, 15 Feb 2018 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Hasil Belajar Lempar Cakram SMK Negeri 1 Pantai Cermin Kelas XI Melalui Evaluasi Proses Menggunakan Audio Visual http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1029 <p>Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan penerapan evaluasi proses menggunakan audio visual pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pantai Cermin. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar <em>lempar cakram</em> yaitu (55,26%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (44,73%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lempar Cakram pada siklus I secara keseluruhan mencapai (69,73%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar <em>lempar cakram</em> yaitu (86,84%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (13,15%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik lemapr cakram pada siklus II mencapai (77,46%).</p> andi nova, Andrew Rinaldi Sinulingga ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1029 Mon, 17 Dec 2018 11:25:56 +0000 ANALISIS KAPASITAS OKSIGEN GEDUNG OLAHRAGA INDOOR SPORT ACEH http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1036 <p>Oksigen merupakan elamen penting dalam kehidupan manusia. Oksigen adalah salah satu yang mempengaruhi kehidupan manusia dan merupakan ganguan yang sring terjadi dalam segala janis aktifitas. Dalam sebuah gedung olahraga kapasitas oksigen yang sesuai meupakan salah satu kebutuhan yang penting&nbsp; bagi penonton dan atlit itu sendiri. <em>Dalam </em><em>Standards, and Work Design</em>untuk <em>relative Humidity</em> kapasaitas oksigen yang layak dalam sebuah gedung olahraga ialah 2050. Tujuan penelitian untuk mengetahui kapasitas oksigen. Penelitian ini menguunakan pendekatan deskriktif kualitatif dan termasuk jenis penelitian evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah gedung olahraga Provinsi Aceh. Teknik analisis data yaitu: reduksi data data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh dari penelitian adalah: pada GOR (gedung olahraga) Indoor&nbsp; Sport Serba Guna Lhoong Raya kapasitas oksigen dengan rata-rata 20,. GOR Indoor&nbsp; Sport Gelanggang Mahasiswa Unsyiah kapastias oksigen dengan rata-rata 20,45. GOR Indoor&nbsp; Sport Pango kapasitas oksigen rata-tara&nbsp; 20,39 dan GOR Indoor&nbsp; Sport KONI kapastitas oksigen dengan rata-rata 20,38. Mengacu pada regulasi atau standar yang di tetapkan dalam Standards, and Work Design untuk relative Humidity, kapastias oksigen yang ada pada gedung di atas masih di bawah standar.</p> Basyarudin Acha ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1036 Tue, 18 Dec 2018 09:15:43 +0000 SURVEI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB KOTA LANGSA http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1038 <p>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tuna grahita di SLB Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik survei. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SLB Kota Langsa. Siswa yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas VII-VIII SLB Kota Langsa yang semua berjumlah 19 siswa dan guru penjas dari SLB Kota Langsa yang berjumlah 2 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis secara deskriptif yang didasarkan pada analisiskualitatif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa Proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tuna grahita SLB Kota Langsa berjalan dengan sangat baik. Dalam pembelajaran faktor tujuan pendidikan jasmani anak tuna grahita telah mencapai tingkatan sangat baik, faktor materi pendidikan jasmani anak tuna grahita menunjukan tingkatan baik, faktor sikap dan motivasi siswa menunjukkan keadaan yang sangat baik, faktor kompetensi guru menunjukan bahwa guru yang mengajar penjas adaptif untuk anak tuna grahita SLB Kota Langsa mempunyai kompetensi yang baik, faktor prasarana dan sarana penjas menunjukan keadaan yang cukup, faktor evaluasi penjas dilaksanakan denganbaik.</p> Basyarudin Acha, Andi Nova ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1038 Tue, 18 Dec 2018 00:00:00 +0000 KORELASI KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN DASAR MELAKUKAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA TIM TUNGKOB UNITED FC KABUPATEN ACEH BESAR http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1039 <p>Tim Sepakbola Tungkob United FC Kabupaten Aceh Besar ada hubungannya dengan kecerdasan kinestetik, hal ini dibuktikan oleh perilaku mereka sehari-hari yang cenderung hidup aktif. Berdasarkan kasus di atas, penulis tertarik dan merasa penting untuk&nbsp; mengkaji dan meneliti,<em> Hubungan Kecerdasan Kinestetik Terhadap Kemampuan Dasar Melakukan Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Pada pemain Tungkob United FC </em>Tujuan penelitian untuk melihat kontribusi kecerdasan kinestetik, kemampuan dasar melakukan <em>Shooting</em> bola &nbsp;kearah gawang dalam permainan sepakbola. Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlit Sepa kbola tungkob United Fc yang Berjumlah 20 orang.jenis penelitian ini menggunakan kontribusi yaitu mencari sumbangan antar variabel, adapun instrumen menggunakan checklis untuk melihat variabel yang diteliti, sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus kontribusi, dari Hasil penelitian yang telah dikumpulkan maka dapat di simpulkan bahwa, kecerdasan kinestetik memiliki kontribusi dengan kemampuan dasar <em>shooting</em> bola kearah gawang pada permainan sepakbola</p> Dodi Irwansyah ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1039 Tue, 18 Dec 2018 10:29:39 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1040 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa yang merupakan siswa kelas VII SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. Dengan menggunakan rancangan penelitian <em>treatment by level 2 x 2</em>. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada taraf signifikansi α= 0,05.Hasil penelitian menunjukkan&nbsp; 1) Secara umum, terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh(F<sub>h</sub> 7,75 &gt; F<sub>t</sub> 3,84. 2), (4) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh (F<sub>h</sub> 16,36 &gt; F<sub>h</sub> 4,11), (3) terdapat perbedaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi( Q<sub>0</sub>15,2 &gt; Q<sub>t</sub> 4,26, (4) terdapat perbedaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh bagi siswa yang memiliki motivasi renda( Q<sub>0</sub> 7,75 &gt; Q<sub>t</sub> 34,26), (4) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh (F<sub>h</sub> 16,36 &gt; F<sub>h</sub> 4,11).</p> Andre Rinaldi Sinulingga, Andi Nova ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jors/article/view/1040 Tue, 18 Dec 2018 14:13:28 +0000