Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lempar Lembing Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 32 Medan Marelan
Abstract
Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat diukur dari keberhasilan siswa yanng mengikuti keberhasilan tersebut. keberhasilan itu dapat dilihat dari tingkat pemahaman, penguasaan materi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peroses belajar dengan pendekatan bermain meningkatkan hasil belajar lempar Lembing kelas VIII Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Negeri 32 Medan Marelan. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang disimulasikan dilapangan. Hasil Penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,10 (Tidak Tuntas) persentase 46,78%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa ketuntasan belajar lempar lembing siswa telah mencapai 80,94 (tuntas) persentase 85,36%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pendekatan bermainberpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa.