PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH

  • Andre Rinaldi Sinulingga SMA Kasi Maitreya
  • Andi Nova UNSAM
Keywords: Lompat jauh, model pembelajaran, dan motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa yang merupakan siswa kelas VII SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. Dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada taraf signifikansi α= 0,05.Hasil penelitian menunjukkan  1) Secara umum, terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh(Fh 7,75 > Ft 3,84. 2), (4) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh (Fh 16,36 > Fh 4,11), (3) terdapat perbedaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi( Q015,2 > Qt 4,26, (4) terdapat perbedaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh bagi siswa yang memiliki motivasi renda( Q0 7,75 > Qt 34,26), (4) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar lompat jauh (Fh 16,36 > Fh 4,11).

Published
2018-12-18
Section
Articles