SURVEI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB KOTA LANGSA

  • Basyarudin Acha UNSAM
  • Andi Nova UNSAM
Keywords: Proses pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tuna grahita di SLB Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik survei. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SLB Kota Langsa. Siswa yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas VII-VIII SLB Kota Langsa yang semua berjumlah 19 siswa dan guru penjas dari SLB Kota Langsa yang berjumlah 2 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis secara deskriptif yang didasarkan pada analisiskualitatif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa Proses pembelajaran pendidikan jasmani anak tuna grahita SLB Kota Langsa berjalan dengan sangat baik. Dalam pembelajaran faktor tujuan pendidikan jasmani anak tuna grahita telah mencapai tingkatan sangat baik, faktor materi pendidikan jasmani anak tuna grahita menunjukan tingkatan baik, faktor sikap dan motivasi siswa menunjukkan keadaan yang sangat baik, faktor kompetensi guru menunjukan bahwa guru yang mengajar penjas adaptif untuk anak tuna grahita SLB Kota Langsa mempunyai kompetensi yang baik, faktor prasarana dan sarana penjas menunjukan keadaan yang cukup, faktor evaluasi penjas dilaksanakan denganbaik.

Published
2018-12-18
Section
Articles