Pengaruh Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Langsa (Studi Kasus pada Rumah Susu dan Pampers Paseh Swalayan)

Main Article Content

Suri Amelia
Egi Fitria

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Rumah Susu dan Pampers (Paseh Swalayan). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk menentukan besarnya sampel menggunakan rumus uknown population yang berjumlah 96 responden. Persamaan regresi linier berganda penelitian ini adalah Y= 3,314 + 0,102X1 + 0,440X2. Nilai a atau konstanta sebesar  3,314 hal ini menunjukkan bahwa jika variabel Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis diasumsikan dengan nol maka Keputusan Pembelian sebesar 3,314. Koefisien regresi Karakteristik Individu (X1) sebesar 0,102 memiliki arti bahwa Karakteristik Individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal itu menunjukkan apabila Karakteristik Individu mengalami kenaikan satu satuan maka keputusan pembelian akan naik sebesar 0,102 dengan asumsi variabel Faktor Psikologis tetap. Nilai koefisien regresi Faktor Psikologis (X2) sebesar 0,440 berarti bahwa Faktor Psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan menunjukkan bahwa apabila Faktor Psikologis mengalami kenaikan satu satuan variabel dan variabel Karakteristik Individu tetap maka keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,440. Karakteristik Individu dengan nilai signifikansi (0,026 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Karakteristik Individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor Psikologis dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) hal itu berarti bahwa Faktor Psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai fsig dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 hal itu berarti Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,265 atau 26,5% hal itu berarti 26,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis sedangkan sisanya 73,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Amelia, S., & Fitria, E. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Langsa (Studi Kasus pada Rumah Susu dan Pampers Paseh Swalayan). JENSI (Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi), 2(1), 19-31. Retrieved from http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jensi/article/view/931
Section
Articles