PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI SEKOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Tri Mustika Sarjani FKIP UNSAM
  • Marjannah Marjannah UNSAM
  • Septi Dwi Sapta Rina Pane UNSAM
Keywords: Guru Biologi, Kota Langsa, Media belajar

Abstract

Dalam proses belajar mengajar media pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu agar dapat menciptakan suasana belajar yang efektif. Dalam pencapaian tujuan proses pembelajaran, peranan media pembelajaran atau alat peraga memegang peranan yang penting sebab dengan adanya media pembelajaran materi dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar penggunaan media pembelajaran oleh guru Biologi di SMA Negeri sekota Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Serta untuk mengetahui media apa yang sering digunakan oleh guru Biologi di SMA Negeri sekota Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini berupa metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif, sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian adalah seluruh guru Biologi di SMA Negeri sekota Langsa yang berjumlah 22 orang. Sampel dalam penelitian merupakan sampel total dari jumlah populasi sebanyak 22 orang guru Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran oleh guru Biologi di SMA Negeri sekota Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah 43,77% dan media yang sering digunakan oleh guru Biologi di SMA Negeri sekota Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017 yang digunakan adalah slide Power Point dengan menggunakan alat bantu komputer (laptop). Saran sebaiknya guru lebih banyak menggunakan media belajar yang bervariasi dalam menyampaikan materi biologi mengingat sangat mudahnya mencari media belajar yang ada disekitar lingkungan

Published
2018-07-12
Section
Articles