TELAAH KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI MELALUI TUGAS MERINGKAS SEJARAH PERKEMBANGAN MIKROBIOLOGI DI UNIVERSITAS SAMUDRA

  • Indriaty Indriaty UNSAM
Keywords: Berpikir analisis, Tugas meringkas, Mikrobiologi, Mahasiswa

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang perlu dimiliki oleh mahasiswa diantaranya adalah berpikir secara analisis. Melalui berpikir analisis seseorang memiliki kemampuan melihat suatu permasalahan secara menyeluruh sehingga dapat menemukan inti permasalahan dan segera menemukan penyelesaiannya. Tugas meringkas sebagai salah satu kegiatan mandiri untuk melatih berpikir secara analisis. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir analisis mahasiswa pendidikan biologi melalui tugas meringkas materi sejarah perkembangan mikrobiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester V sebanyak 28 orang yang menempuh mata kuliah Mikrobiologi pada Program studi Pendidikan Biologi tahun ajaran 2017/2018 di Universitas Samudra. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir analisis mahasiswa Pendidikan Biologi pada materi sejarah perkembangan mikrobiologi termasuk dalam ketegori cukup. Berasarkan nilai diskusi disertai presentasi diperoleh capaian  kemampuan berpikir analisis sebesar 57,4% dengan kategori cukup. Berdasarkan nilai tugas meringkas diperoleh capaian kemampuan analisis mahasiswa sebesar 42,6% dengan kategori cukup.

Published
2018-07-12
Section
Articles