Journal of Basic Education Studies http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes <p align="justify">Journal of Basic Education Studies is a journal that publishes research results articles in the fields of mathematics education, science, Indonesian language and social studies for basic education level managed by the Elementary School Teacher Education Study Program&nbsp; and published by University of Samudra LPPM &amp; PM and starts published in 2018.</p> en-US asnawi@unsam.ac.id (Asnawi, S.Pd., M.Pd.) Tue, 20 Nov 2018 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 UPAYA PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI GAMPONG JAWA http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/922 <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada tema tokoh dan penemuan melalui pendekatan Sainstifik di kelas VI SD Negeri Gampong Jawa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket respon siswa dan observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan sainstifik. Analisis data menggunakan tekhnik kuantitatif dan tehnik kualitatif dengan mengaitkan data yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terjadinya peningkatan aktivitas peserta didik pada &nbsp;siklus &nbsp;1 &nbsp;sebesar &nbsp;61,25% &nbsp;dan 75,63% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 92,50% dengan kategori sangat baik. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk penilain kognitif adalah 60 dan pada disiklus II meningkatkan menjadi 82 dengan persentase siswa yang memperoleh predikat belajar sangat baik 96 %. Penilaian psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai tertinggi yang diperoleh siswa 3,30 meningkatkan menjadi 3,40 pada siklus II dengan persentase siswa&nbsp; yang &nbsp;memperoleh predikat belajar baik&nbsp; 72%</p> Juliati Juliati, Syafriansyah Syafriansyah ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/922 Tue, 20 Nov 2018 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GAMPONG TEUNGOH LANGSA http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/921 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan&nbsp; &nbsp;model&nbsp;&nbsp; pembelajaran&nbsp; &nbsp;<em>picture&nbsp; &nbsp;and picture </em>dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gampong Teungoh. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang &nbsp;dilakukan&nbsp; dalam 3 &nbsp;siklus. &nbsp;Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Gampoh&nbsp; Teungoh&nbsp; dan &nbsp;yang &nbsp;menjadi&nbsp; sampel siswa &nbsp;kelas &nbsp;V &nbsp;SD &nbsp;Negeri&nbsp; Gampong &nbsp;Teungoh yang berjumlah 19 siswa. Pada siklus I besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 73,68%, pada siklus II mengalami peningkatan besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 74,74% atau meningkat &nbsp;sebesar &nbsp;1,06% &nbsp;dari&nbsp; siklus &nbsp;I, sedangkan pada siklus III yang merupakan siklus terakhir dalam penelitian ini, besar persentase ketuntasan&nbsp; &nbsp;hasil belajar siswa&nbsp;&nbsp; secara klasikal pada siklus III yaitu 86,32% atau meningkat sebesar&nbsp; &nbsp;11,58% dari siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>picture and piture </em>berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gampong Teugoh</p> Alpidsyah Putra, Trilawati Trilawati ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/921 Tue, 20 Nov 2018 00:00:00 +0000 PENERAPAN INKUIRI MORAL PADA TEMA “PERSATUAN DALAM PERBEDAAN” UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER NASIONALIS SISWA http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/923 <p>Penelitian ini bertujuan &nbsp;mengimplementasi metode inkuiri moral dalam proses pembelajaran di kelas VI SDN 5 Langsa yang digunakan untuk mengembangkan karakter nasionalis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta lembar pengamatan sikap. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 5 Langsa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi metode inkuri moral untuk pengembangan karakter siswa menunjukkan peningkatan yang baik dari data awal yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan. Data &nbsp;awal &nbsp;menunjukkan &nbsp;sebagian &nbsp;besar &nbsp;siswa &nbsp;berada &nbsp;dalam &nbsp;tahap</p> <p>”Mulai Terlihat” untuk setiap karakter dan pada siklus ketiga berada dalam tahap “Membudaya” untuk setiap karakter, rata-rata dikuasai 34 siswa dari 38 siswa. Penggunaan metode inkuri moral dapat membuat pembelajaran disajikan secara konkrit dan kontekstual dengan memberikan wacana moral kemudian peserta didik menemukan sendiri penyelesaian tersebut dengan melakukan diskusi sesuai aturan-aturan yang telah disepakati dalam pengembangan karakter.</p> Ronald Fransyaigu, Murni Mumtazillah ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/923 Fri, 23 Nov 2018 10:00:30 +0000 PENERAPAN PENDEKATAN SAITIFIK PADA TEMA “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” DENGAN BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN 11 LANGSA http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/957 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam penerapan pendekatan saintifik di kelas V SDN 11 Kota Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 11 Kota Langsa yang berjumlah 46 siswa. Sumber data didapatkan melalui guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar tes dan non tes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: penerapan pendekatan saintifik pada tema “udara bersih bagi kesehatan” dengan berbantuan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang dimaksudkan adalah tentang ketuntasan belajar dan psikomotorik siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 64,29% dengan rata-rata nilai 72,3 dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 89,29% &nbsp;dengan nilai rata-rata &nbsp;76,1. &nbsp;Sedangkan &nbsp;pada &nbsp;aspek &nbsp;psikomotorik, &nbsp;ketercapaian &nbsp;rata-rata &nbsp;indikator &nbsp;adalah</p> <p>60,45% pada siklus I dan 71,45% pada siklus II</p> Fadhil Sidiq, Eka Mawar Sari ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/957 Thu, 29 Nov 2018 00:57:28 +0000 UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERARAH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/920 <p>Penelitian ini bertujuan&nbsp;&nbsp; meningkatkan keaktifan belajar dan membaca pemahaman pada siswa kelas di kelas V SDN 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta lembar pengamatan sikap. Subjek dalam penelitian ini adalah&nbsp; guru dan siswa kelas V &nbsp;SDN 1&nbsp; Langsa. Teknik &nbsp;analisis &nbsp;data &nbsp;yang&nbsp; digunakan &nbsp;yaitu &nbsp;reduksi &nbsp;data,&nbsp; penyajian &nbsp;data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari siswa menjadi lebih aktif dan antusias, &nbsp;tidak &nbsp;terlalu&nbsp; banyak &nbsp;bergantung&nbsp; pada &nbsp;guru, &nbsp;mampu menghubungkan pengetahuan&nbsp; &nbsp;atau&nbsp; &nbsp;pengalaman&nbsp; &nbsp;yang&nbsp;&nbsp; telah&nbsp; &nbsp;mereka&nbsp; &nbsp;miliki terhadap &nbsp;topik &nbsp;yang sedang dibahas dan siswa juga selalu bekerja sama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Proses tersebut berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hasil belajar siswa. telah memenuhi standar KKM, dimana pada saat pratindakan terdapat 5 (23,81%) siswa yang memenuhi standar KKM dan di akhir siklus I meningkat menjadi 16 (72,73%) siswa, serta pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 22 (95,65%) siswa.</p> Bunga Mulyahati, Mursina Mursina ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jbes/article/view/920 Tue, 20 Nov 2018 00:00:00 +0000