PENERAPAN PENDEKATAN SAITIFIK PADA TEMA “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” DENGAN BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN 11 LANGSA

  • Fadhil Sidiq Universitas Samudra
  • Eka Mawar Sari SD Negeri 11 Langsa
Keywords: Pendekatan Saintifik, Media Interaktif dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam penerapan pendekatan saintifik di kelas V SDN 11 Kota Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 11 Kota Langsa yang berjumlah 46 siswa. Sumber data didapatkan melalui guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar tes dan non tes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: penerapan pendekatan saintifik pada tema “udara bersih bagi kesehatan” dengan berbantuan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang dimaksudkan adalah tentang ketuntasan belajar dan psikomotorik siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 64,29% dengan rata-rata nilai 72,3 dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 89,29%  dengan nilai rata-rata  76,1.  Sedangkan  pada  aspek  psikomotorik,  ketercapaian  rata-rata  indikator  adalah

60,45% pada siklus I dan 71,45% pada siklus II

Published
2018-11-29