PENERAPAN PENDEKATAN SAITIFIK PADA TEMA “UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN” DENGAN BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN 11 LANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam penerapan pendekatan saintifik di kelas V SDN 11 Kota Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 11 Kota Langsa yang berjumlah 46 siswa. Sumber data didapatkan melalui guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar tes dan non tes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: penerapan pendekatan saintifik pada tema “udara bersih bagi kesehatan” dengan berbantuan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang dimaksudkan adalah tentang ketuntasan belajar dan psikomotorik siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 64,29% dengan rata-rata nilai 72,3 dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 89,29% dengan nilai rata-rata 76,1. Sedangkan pada aspek psikomotorik, ketercapaian rata-rata indikator adalah
60,45% pada siklus I dan 71,45% pada siklus II