PENERAPAN INKUIRI MORAL PADA TEMA “PERSATUAN DALAM PERBEDAAN” UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER NASIONALIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengimplementasi metode inkuiri moral dalam proses pembelajaran di kelas VI SDN 5 Langsa yang digunakan untuk mengembangkan karakter nasionalis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta lembar pengamatan sikap. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 5 Langsa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi metode inkuri moral untuk pengembangan karakter siswa menunjukkan peningkatan yang baik dari data awal yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan. Data awal menunjukkan sebagian besar siswa berada dalam tahap
”Mulai Terlihat” untuk setiap karakter dan pada siklus ketiga berada dalam tahap “Membudaya” untuk setiap karakter, rata-rata dikuasai 34 siswa dari 38 siswa. Penggunaan metode inkuri moral dapat membuat pembelajaran disajikan secara konkrit dan kontekstual dengan memberikan wacana moral kemudian peserta didik menemukan sendiri penyelesaian tersebut dengan melakukan diskusi sesuai aturan-aturan yang telah disepakati dalam pengembangan karakter.