PENGARUH PEMBERIAN PUPUK FOSFAT DAN JARAK TANAM YANG TEPAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata sturt)

  • Fadilah Fadilah Fakultas Pertanian Universitas Samudra
  • Khairul Akbar Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra
Keywords: pupuk fosfat jarak tanam jagung manis (Zea mays saccharata sturt)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk fosfat dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays saccharata sturt).

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Upah Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh  Tamiang. Ketinggian tempat di daerah penelitian  + 3 meter dari permukaan  laut dengan pH tanah berkisar 5,5 -  6 ( BPP Kecamatan Bendahara, 2014). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2013 sampai dengan Oktober 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk Fosfat memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 45 HST, dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 HST, jumlah daun umur 30 dan 45 HST, panjang tongkol dan berat tongkol per plot, sedangkan untuk parameter lain tidak berpengaruh nyata. Taraf perlakuan pupuk Fosfat yang terbaik yaitu F3 300 Kg/Ha (33 gr/plot). Perlakuan jarak tanam memberikan pengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman pada umur 30 HST, jumlah daun umur 30 HST, panjang tongkol, bobot tongkol berkelobot, bobot tongkol tidak berkelobot dan bobot tongkol per plot, sedangkan parameter lainnya tidak berpengaruh nyata. Taraf perlakuan jarak tanam terbaik yaitu J1 (70 x 20 cm).

Interaksi antara perlakuan pemberian pupuk Fosfat dan jarak tanam berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman pada umur 30 dan 45 HST dan bobot tongkol tidak berkelobot. Interaksi terbaik dijumpai pada kombinasi perlakuan pemberian pupuk Fosfat dengan dosis 300 Kg/Ha (33 gr/plot) dengan jarak tanam 70 x 20 cm (F3 J1). Dalam budi daya tanaman jagung manis dianjurkan menggunakan pupuk Fosfat dengan dosis 300 Kg/Ha, yang dikombinasikan dengan jarak tanam 70x20 cm.

Published
2017-11-14
Section
Articles