PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP PENETAPAN HARGA JUAL KOPI BUBUK PADA UD. USAHA JADI DI DESA GAMPONG JAWA KECAMATAN IDI RAYEUK

  • Hanisah Hanisah Universitas Samudra
  • Cut Gustiana Dosen Fakultas Pertanian UNSAM
  • Saiful Nizar Alumni Fakultas Pertanian UNSAM
Keywords: Kopi, bahan baku, tenaga kerja, biaya over head

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead terhadap penetapan harga jual kopi bubuk pada UD. Usaha Jadi di Desa Gampong Jawa Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Lokasi penelitian ditetapkan   di   Kecamatan   Idi   Rayeuk   Kabupaten   Aceh   Timur   dengan pertimbangan bahwa kecamatan tersebut merupakan daerah yang ada usaha pengolahan kopi bubuk. Objek pada penelitian ini hanya dibatasi pada pengusaha pengolahan kopi bubuk  pada UD.  Usaha  Jadi  di  Desa Gampong Jawa  Kecamatan  Idi  Rayeuk Kabupaten  Aceh  Timur.  Ruang  lingkup  penelitian  ini  hanya  dibatasi  pada pengaruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead terhadap penetapan harga jual kopi bubuk pada UD. Usaha Jadi di Kecamatan Idi Rayeuk. Waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan Maret-April 2017.

Hasil penelitian diperoleh  Persamaan  Regresi  Linear  Berganda  sebagai berikut : Ŷ = - 49,28 - 4,38 X1 + 16,64 X2   + 0,78 X3. Hasil perhitungan koefisien determinasi  menunjukkan  bahwa  besarnya  R2   =  0,8643.  Ini  berarti  variasi terhadap naik turunnya penetapan harga jual kopi bubuk (Y) dipengaruhi oleh biaya bahan baku (X1), biaya tenaga kerja (X2) dan biaya overhead (X3) sebesar 86,43 % dan sisanya sebesar 13,57 % lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian secara serempak biaya bahan baku (X1),  biaya  tenaga  kerja  (X2)  dan  biaya  overhead  (X3)  secara  serempak berpengaruh sangat nyata terhadap penetapan harga jual kopi bubuk (Y). Hasil pengujian secara parsial untuk biaya bahan baku tidak berpengaruh secara nyata terhadap penetapan harga jual kopi bubuk. Hasil  pengujian  secara  parsial  untuk  biaya  tenaga  kerja  berpengaruh  sangat  nyata  terhadap  penetapan  harga  jual  kopi bubuk. Hasil pengujian secara parsial untuk biaya overhead tidak berpengaruh terhadap penetapan harga jual kopi bubuk.

Published
2018-11-04
Section
Articles