FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH TIMUR

  • Thursina Mahyuddin Universitas Samudra
  • Hanisah Hanisah Dosen Fakultas Pertanian UNSAM
  • Cut Latifu Rahmi Alumni Fakultas Pertanian UNSAM
Keywords: Kinerja Penyuluh, Umur, Pendidikan, Pengalaman

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Aceh Timur. Penelitian dilakukan di Kabupaten  Aceh  Timur  dengan  pertimbangan  bahwa  kabupaten  tersebut  terdapat Instansi Pemerintahan yang memiliki petugas penyuluh pertanian. Objek dalam penelitian ini hanya dibatasi pada penyuluh  yang melakukan kegiatan penyuluhan pertanian  dalam  wilayah  Kabupaten  Aceh  Timur.  Ruang  lingkup  penelitian  ini meliputi umur, pendidikan, pengalaman dan kinerja penyuluh pertanian. Waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan Juli sampai dengan Agustus 2017.

Metode penelitian dilakukan secara survei. Penentuan kecamatan sampel dengan  menggunakan  metode  “Simple  Random Sampling”  diambil  5  kecamatan untuk  dijadikan  sampel.  Dari  masing-masing kecamatan  dengan  metode  “Simple Random Sampling” ditentukan jumlah sampel sebesar 50%, sehingga jumlah sampel seluruhnya adalah sebanyak 34 orang dari jumlah populasi sebanyak 68 orang.

Hasil penelitian rata-rata umur penyuluh pertanian di Kabupaten Aceh Timur adalah 45,3 tahun, dengan pendidikan rata-rata 15,6 tahun, pengalaman dalam penyuluhan sebanyak 8,1 tahun dan jumlah tanggungan keluarga rata-rata 3 orang. Rata-rata kinerja penyuluh pertanian sebesar 2,1 skor artinya kinerja penyuluh pertanian  dalam  pemberdayaan  petani  dikategorikan  cukup  di  Kabupaten  Aceh Timur.  Hasil  analisis  regresi  linear  berganda  diperoleh  persamaan  yaitu  sebagai berikut: Y = 1,513 + 0,005 X1  + 0,020 X2.  + 0,005 X3.  Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa besar R2  = 0,349 atau 35%. Ini berarti kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Aceh Timur. (Y) dipengaruhi oleh faktor umur, pendidikan dan pengalaman sebesar 35% dan sisanya sebesar 65% lagi dipengaruhi oleh  faktor-faktor  lain  diluar  variabel  penelitian  ini.  Hasil  pengujian  secara serempak diperoleh variabel umur, pendidikan dan pengalaman berpengaruh sangat nyata  terhadap  kinerja  penyuluh  pertanian  di  Kabupaten  Aceh  Timur.  Hasil pengujian secara parsial untuk variabel umur dan pengalaman tidak berpengaruh nyata sedangkan pada pendidikan berpengaruh sangat nyata terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Aceh Timur.

Published
2018-10-28
Section
Articles