FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN IKAN BANDENG (Chanos-chanos) DI PASAR PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

  • Rozalina Rozalina Rozalina Universitas Samudra
  • bahagia bahagia Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra
Keywords: Ikan Bandeng, Permintaan, Harga, Pendapatan, Selera, Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, selera dan pendapatan  terhadap permintaan ikan bandeng (Chanos-chanos) di Pasar Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini dilakukan di Peureulak Kabupaten Aceh Timur, dengan pertimbangan bahwa pasar Peureulak merupakan salah satu daerah pusat pembelanjaan yang banyak terdapat pedagang dan konsumen ikan bandeng. Objek penelitian ini adalah konsumen atau pembeli ikan bandeng di pasar Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada harga, selera dan pendapatan konsumen yang mempengaruhi permintaan ikan bandeng di Peureulak Kabupaten Aceh Timur.

Sampel penelitian terdiri pedagang ikan bandeng yaitu sebanyak 7 orang yang terdapat pada lorong I, II dan III, pada masing-masing pedagang di ambil 1 pedagang sampel, sehingga terkumpul 3 orang pedagang. Sampel konsumen ikan bandeng sebanyak 30 orang dari 3 pedagang sampel, pada pedagang Abdullah sebanyak 10 orang, pedagang Zulkarnaen sebanyak 11 orang dan pedagang Sulaiman sebanyak 9 orang.

Hasil penelitian: Karakteristik konsumen ikan bandeng adalah umur rata-rata konsumen ikan bandeng adalah 42,83 tahun, tingkat pendidikan rata-rata adalah 10,33 tahun (SLTA kelas I) dan jumlah tanggungan keluarga konsumen ikan bandeng rata-rata 5 orang Rata-rata permintaan konsumen ikan bandeng di Pasar Peureulak sebesar 5,4 kg/bulan, rata-rata harga ikan bandeng yang dibeli konsumen adalah Rp. 23.733,33/Kg, rata-rata skor jawaban konsumen ikan bandeng adalah 2,2 skor yang berarti selera konsumen adalah sedang menuju tinggi dan rata-rata pendapatan konsumen ikan bandeng di Pasar Peureulak adalah Rp. 2.325.000/Bulan.

Hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = - 1,102 + 0,119X1 + 0,146X2 +1,439X3. Hasil analisis data secara regresi linier berganda menghasikan nilai R2 sebesar 0,69 artinya bahwa variabel harga (X1), selera konsumen (X2) dan pendapatan konsumen (X3) mempengaruhi permintaan ikan bandeng (Y) di Pasar Peureulak sebesar  69 %. Sisanya sebesar 31% dipengaruh faktor lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Secara serempak variabel harga (X1), selera konsumen (X2) dan pendapatan konsumen (X3) secara  serempak berpengaruh  sangat nyata terhadap permintaan ikan bandeng (Y) di Pasar Peureulak. Secara terpisah harga dan selera konsumen tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan ikan bandeng, sedangkan pendapatan konsumen secara terpisah berpengaruh sangat nyata terhadap permintaan ikan bandeng di Pasar Peureulak Kabupaten Aceh Timur.

Published
2017-11-08
Section
Articles