Analisis Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca, L) Di Kota Langsa

  • Rozalina Rozalina Rozalina Universitas Samudra
  • aji akbar Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra
Keywords: Pemasaran, Pisang, Saluran, Efisiensi

Abstract

Analisis Pemasaran Pisang (Musa paradisiaca, L) Di Kota Langsa. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui saluran pemasaran pisang di Kota Langsa, untuk mengetahui share margin pemasaran pisang pada masing-masing saluran pemasaran di Kota Langsa dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran pisang di Kota Langsa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Lokasi penelitian  di Kota  Langsa dengan pertimbangan bahwa di Kota  Langsa terdapat pedagang  yang  melakukan  kegiatan  pemasaran  pisang.  Penentuan  desa  sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, jumlah sampel seluruhnya yaitu sebanyak 12 orang.

Terdapat 3 pola saluran pemasaran pisang di Kota Langsa. Efisiensi secara ekonomis dari sisi Share margin diketahui bahwa saluran pemasaran yang paling efisien yaitu terdapat pada saluran pemasaran III.  

Sedangkan saluran pemasaran pisang di Kota Langsa dari sisi biaya pemasaran tidak efisien hal ini karena nilai nilai efisiensi dari ketiga saluran pemasaran < 50%.

Published
2017-11-01
Section
Articles