FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI PETANI DALAM MENGEMBANGKAN BUDIDAYA KARET (Hevea brasiliensis, L) DI KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG

  • Hanisah Hanisah Universitas Samudra
  • khaidir gunawan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra
Keywords: Karet, Partisipasi, Harga, Luas Lahan, Produksi

Abstract

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Petani Dalam Mengembangkan Budidaya Karet (Hevea brasiliensis, L) Di Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Tujuan  penelitian  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  harga,  ketersediaan lahan  dan  produksi  terhadap  partisipasi  petani  dalam  mengembangkan  budidaya karet di Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.

Penelitian  ini  dilaksanakan  di  Kecamatan  Karang  Baru  Kabupaten  Aceh Tamiang Provinsi Aceh. Objek penelitian ini adalah petani yang memiliki usahatani karet  di  Kecamatan  Karang  Baru  Kabupaten  Aceh  Tamiang.  Ruang  lingkup penelitian ini terbatas pada harga, luas lahan dan produksi karet terhadap partisipasi petani di Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.Hasil penelitian rata-rata umur petani sampel di desa sampel adalah 41 tahun, pendidikan 8 tahun, dan pengalaman sebesar 14 tahun. Rata-rata harga karet di desa sampel di Kecamatan Karang Baru sebesar Rp.6. 6.292/kg, rata-rata luas lahan karet di desa sampel di Kecamatan Karang Baru sebesar 1,35 hektar, sedangkan rata-rata produksi karet di desa sampel di Kecamatan Karang Baru sebesar 105 kg/minggu.

Rata-rata tingkat partisipasi petani karet di Kecamatan Karang Baru yaitu sebesar 2 (skor) artinya partisipasi petani karet dalam budidaya kurang sesuai anjuran. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan yaitu sebagai berikut: Y  =  1,99  +  0,08  X1   +  0,97  X2   â€“  1,17 X3. Dari  koefisien  determinasi menunjukkan bahwa besar koefisien determinasi (R2) dihasilkan nilai R2  = 0,51 atau 51%. Hasil pengujian secara serempak diperoleh Fhitung   = 12,63 >Ftabel  = 2,86 pada tingkat kepercayaan 95% dan juga Fhitung Â   = 12,63 > Ftabel Â Ã‚  = 4,07 pada tingkat kepercayaan 99%, secara serempak variabel faktor tingkat harga, luas lahan, dan produksi memberi pengaruh yang sangat nyata terhadap partisipasi petani karet.

Hasil pengujian secara parsial pada variabel harga (X1) tingkat kepercayaan 95% dapat dilihat bahwa  t1 cari = 11,76 > t tabel = 1,691 dan  t tabel = 2,440 pada  tingkat  kepercayaan  99%,  ini  berarti  tingkat  harga  berpengaruh terhadap  partisipasi  petani  usahatani  karet  di  daerah  penelitian. Hasil  pengujian secara parsial pada variabel luas lahan (X2) tingkat kepercayaan 95%  dapat dilihat bahwa   t2  cari = 22,26 > t tabel  = 1,691 dan   t tabel  = 2,440 pada tingkat kepercayaan 99%, ini berarti tingkat luas lahan berpengaruh sangat nyata terhadap  partisipasi  petani  usahatani  karet  di  daerah  penelitian.  Hasil  pengujian secara parsial pada variabel produksi (X3) tingkat kepercayaan 95% dapat dilihat bahwa  t3 cari = -54,72 < t tabel 1,691 dan pada tingkat kepercayaan 99% bahwa   t3  cari = -54,72 < t tabel  = 2,440, ini berarti tingkat produksi sangat berpengaruh terhadap partisipasi petani usahatani karet di daerah penelitian.

Published
2017-10-31
Section
Articles