ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WARUNG KOPI ONE LOVE DI KOTA KUALA SIMPANG

  • Thursina Mahyuddin Universitas Samudra
  • juraidah juraidah Alumni Fakultas Pertanian Universitas Samudra
Keywords: Kualitas, Produk, Pelayanan, Lokasi, Kepuasan, Konsumen

Abstract

Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Warung Kopi One Love di Kota Kuala Simpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung warung kopi One Love di Kota Kuala Simpang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penentuan daerah sampel dilakukan secara Sampling kuota adalah teknik untuk menentukan sampel dan populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Berdasarkan metode tersebut jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 33 orang.

Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linear berganda maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,57 + 0,44 X1 + 0,42X2 + 0,19 X3. Dari hasil Nilai koefisien determinansi (R2) sebesar 0,99 atau 99%  artinya  analisis kepuasan pengunjung warung kopi One love dipengaruhi oleh kualitas produk (x1), kualitas layanan (X2) dan lokasi (X3) di Kota Kuala Simpang. sedangkan 1 % lagi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel penelitian yang tidak dihitung nilainya.

hasil pengujian secara serempak (uji F) diperoleh fhitung = 1.010,66 > fTabel = 1,97 pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) dan juga fhitung = 1.010,66 > fTabel = 4,59 pada tingkat kepercayaan 99% (α = 0,01), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa secara serempak atau bersama-sama variabel kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2) dan lokasi (X3) secara keseluruhan memberi pengaruh yang sangat nyata terhadap kepuasan pengunjung warung kopi one love di Kuala Simpang.

Hasil pengujian secara parsial atau secara terpisah pada tingkat kepercayaan 95% (α= 0,05) untuk variabel kualitas produk (x1), kualitas layanan (X2)  dan  lokasi  (X3) dapat dilihat bahwa t1 cari = 24,46, dan t3cari = 6,55 > ttabel = 1,6991  pada tingkat kepercayaan 95% (α= 0,05) dan > ttabel = 2,4620 pada tingkat kepercayaan 99% (α= 0,01). t2 cari = 1,35 < ttabel = 1,6991 pada tingkat kepercayaan  95% (α= 0,05) dan < ttabel = 2,4620 pada tingkat kepercayaan 99% (α= 0,01). Sehingga diambil kesimpulan bahwa secara terpisah variabel kualitas produk (X1) dan lokasi (X3) secara keseluruhan memberi pengaruh yang sangat nyata terhadap kepuasan pengunjung warung kopi one love, sedangkan kualitas layanan (X2) tidak memberi pengaruh nyata terhadap kepuasan pengunjung warung kopi one love di Kota Kuala Simpang.

Published
2017-10-27
Section
Articles