PROFIL KOMPETENSI PROSES SAINS SISWA SMAN SE-KOTA PADANG DARI TES PISA MENURUT BENCHMARK NASIONAL DAN INTERNASIONAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil literasi sains siswa khususnya pada kemampuan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Penyampelan menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Survei dilakukan terhadap 230 orang siswa kelas X dari tiga SMA Negeri di kota Padang yang mewakili tiga klaster. Gambaran tentang kemampuan proses sains siswa menggunakan hasil tes PISA. Profil kompetensi proses sains dinyatakan dalam proportion correct dan dibandingkan terhadap benchmark nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan proses sains siswa masih rendah, ditunjukkan oleh proportion correct < 0,5. Pada semua proses sains, capaian siswa lebih rendah dibandingkan benchmark internasional. Namun, capaian siswa lebih tinggi dibandingkan benchmark nasional pada dua dari tiga proses sains yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah.