PENERAPAN KOMPETENSI KIMIA SMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI ILMIAH PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN KIMIA

  • molani paulina hasibuan universitas samudra
  • Ratih Permana Sari universitas samudra
Keywords: Content competence, pedagogy comptetence, kompetensi kimia SMA, pendekatan, inkuiri ilmiah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran kompetensi mahasiswa S1 pendidikan kimia sebagai calon guru kimia SMA, yang meliputi content competence dan pedagogy competence SMA melalui pendekatan inkuiri ilmiah. Content competence meliputi pemahaman materi kimia SMA dengan metode ilmiah. Pedagogy competence meliputi kemampuan mahasiswa merencanakan, mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran kimia melalui pendekatan inkuiri ilmiah. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian 11 mahasiswa S1 pendidikan kimia, semester III. Data diperoleh menggunakan instrumen tes untuk soal kimia SMA (kompetensi kimia dengan metode ilmiah); instrumen penilaian pengembangan peta kompetensi dan silabus pembelajaran; instrumen penilaian RPP dan instrumen penilaian peer teaching. Hasil penelitian aspek content competence mahasiswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi kimia dengan metode ilmiah mahasiswa S1 pendidikan kimia dengan skor rata-rata tes awal 68,5 dan skor rata-rata tes akhir 88,5 dengan N-gain 0,62. Pedagogy competence mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran kimia SMA berkategori baik, dilihat dari skor rata-rata kemampuan mengembangkan peta kompetensi dan silabus 3,6 (rentang skor 1-4) dan skor rata-rata pengembangan RPP berkategori baik, dilihat dari skor penilaian RPP 3,3 (rentang skor 1-4). Kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran berkategori baik juga, karena skor rata-rata penilaian peer teaching 3,8 (rentang skor 1-5).

Published
2018-12-30
Section
Articles