HUBUNGAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKURI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

  • Ratih Permana Sari
  • sri setiawaty universitas malikussaleh
Keywords: Aktivitas belajar, Kemandirian, Hasil belajar, Model pembelajaran inkuiri

Abstract

Dalam proses pembelajaran kimia setiap siswa selalu diarahkan agar menjadi siswa yang aktif dan mandiri. Untuk menjadi siswa yang aktif sekaligus mandiri seseorang harus belajar, sehingga dapat dicapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar dan hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar serta hubungan bersama-sama keaktifan dan kemandirian dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri yang diterapkan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Langsa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII-1 karena kelas tersebut dirasa mampu mewakili karakteristik populasi yang diinginkan dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama yang didasarkan pada nilai rata-rata tes kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model the one group pretest postes design yaitu penelitian yang diberikan untuk satu kelompok dengan memberikan pretest maupun posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara aktivitas belajar dengan hasil belajar melalui pengujian hipotesis dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,405 dan terdapat hubungan positif antara kemandirian dengan hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,518 serta terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara aktivitas siswa dan kemandirian dengan hasil belajar dinyatakan melalui persamaan regresi Y= 15,981+0,393X1+0,271X2 dan diperoleh harga koefisien korelasi sebesar ry.12= 0,619 yang berarti tingkat hubungan (korelasinya) kuat

Published
2018-12-05
Section
Articles