EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

  • putri zuhra unsam
Keywords: Kata Kunci: hasil belajar fisika, kooperatif tipe group investigation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar fisika siswa yang melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional. Penelitian kueasi eksperimen ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian siswa kelas X dan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas  sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas  sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Pengumpulan data hasil belajar fisika dilakukan dengan metode tes uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigastion adalah 80,07 dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 70,40. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional.

Published
2018-11-07