PERANAN PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SUHU

(Suatu Studi Pada SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 20018/2019)

  • Teuku Hasan Basri
  • Ilyas Ilyas Universitas Jabal Ghafur
  • Sopian Sopian SMP Negeri 3 Langsa

Abstract

Abstract

Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika adalah alat-alat yang tersedia di laboratorium.  Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 3 Langsa yang berjudul  “Peranan Penggunaan Alat Laboratorium Sebagai Media Dalam Pembelajaran Suhu Pada SMP Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019”. Rumusan masalah: “Berperankah alat laboratorium sebagai media dalam pembelajaran Suhu Pada SMP Negeri 3 Langsa  Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan penelitian: “ Untuk mengamati peranan alat laboratorium sebagai media dalam pembelajaran Suhu  pada SMP Negeri 3 Langsa  Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah, “Seluruh siswa kelas VII semester 1 tahun pembelajaran 2018/2019 SMP Negeri 3 Langsa sebanyak sepuluh kelas dengan jumlah  siswa 250 orang.  Sedangkan sampel kelas VII dan Kelas VII 2  yaitu 62 orang.  Metode untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode “Metode eksperimentasi”.  Instrumen dalam penelitian ini  : adalah “Tes”, Metode pengolahan data digunakan “t-tes”, menurut Sudjana (2008:239), dirumuskan :

                       

Kesimpulan : berdasarkan uji-t  yang mempunyai nilai thitung > ttabel, atau 2,9  > 1,67, maka hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan : “ Bahwa alat laboratorium relatif berperan sebagai media dalam pembelajaran Suhu  SMP Negeri 3 Langsa  Tahun Pelajaran 2018/2019.

 Kata Kunci: Alat Laboratorium, Media , Siswa

 

 

Author Biographies

Ilyas Ilyas, Universitas Jabal Ghafur

Program Studi Fisika, Universitas Jabal Ghafur

Sopian Sopian, SMP Negeri 3 Langsa

Guru Fisika, SMP Negeri 3 Langsa

Published
2018-12-14