Jurnal Dimensi Matematika http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/JDM <p>Jurnal Dimensi Matematika (JDM) merupakan Jurnal pendidikan dan pembelajaran matematika yang berbasis Open-access yang diterbitkan 6 bulan sekali dalam setahun. Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, guru, mahasiswa, praktisi lainnya, dan masyarakat luas yang memiliki perhatian terhadap bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Jurnal Dimensi Matematika akan menerbitkan naskah-naskah ilmiah dalam cakupan bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain.&nbsp;Fokus jurnal ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran matematika oleh peneliti dan praktisi melalui publikasi artikel, laporan penelitian dan buku. Diharapkan jurnal ini dapat menyumbang khazanah ilmu pengetahuan khususnya bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.</p> en-US acutzaki@unsam.ac.id (Muhammad Zaki) Sun, 09 Dec 2018 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 LANGSA http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/JDM/article/view/1003 <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui&nbsp; apakah prestasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran pencapaian konsep lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Langsa. Sedangkan untuk sampel dipilih secara random dua kelas yang kemapuannya sama, yaitu Kelas &nbsp;sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berbentuk penelitian eksperimen dengan rancangan <em>randomized control-grup pretest-postest design. </em>Instrumen penelitiannya terdiri dari lembar test hasil belajar dan didukung oleh instrumen sekunder lainnya; angket respon siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa &nbsp;ditolak dan diterima, artinya adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Pencapaian Konsep lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional<em>.</em></p> <p>&nbsp; Kata Kunci<strong> :</strong> Model Pencapaian Konsep</p> muhammad Zaki ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/JDM/article/view/1003 Sun, 09 Dec 2018 00:00:00 +0000