PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN CABRI 3D PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 2 KEJURUAN MUDA

  • Rizki Amalia
  • Fazrina Saumi Universitas Samudra
Keywords: Model Brain-Based Learning, pendekatan saintifik, kemampuan komunikasi matematis

Abstract

Kemampuan  komunikasi  merupakan  salah  satu  aspek  penting  untuk  dikembangkan. Namun kenyataan di lapangan kemampuan komunikasi masih rendah. Untuk itu, perlu adanya suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa terutama pada materi geometri. Salah satu pembelajaran yang efektif digunakan adalah pembelajarandengan model  Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan

saintifik   dengan   Cabri   3D.   Penelitian   ini   bertujuan   untuk   melihat   peningkatan pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Negeri 2 Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Kemampuan Komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D  lebih baik untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan  siswa yang belajar melalui pembelajaran Saintifik. Dengan demikian, pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D  lebih baik untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan  siswa yang belajar melalui pembelajaran Saintifik.

Published
2018-12-06