KESALAHAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSAM DALAM MEMANIPULASI BENTUK ALJABAR PADA SOAL TEKNIK PENGINTEGRALAN MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UNSAM dalam memanipulasi bentuk aljabar pada soal integral. Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada empat jenis kesalahan manipulasi aljabar yang dilakukan mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UNSAM ; kesalahan pemindahan ruas 21.4%, kesalahan memanipulasi bentuk-bentuk pecahan 14.3 %, kesalahan memanipulasi bentuk pangkat, akar atau logaritama 19.6 %, dan kesalahan memanipulasi bentuk trigonometri 44.6 %. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah jenis kesalahan memanipulasi bentuk trigonometri, yatu sebesar 44.6 % dan kesalahan paling sedikit adalah jenis kesalahan manipulasi bentuk-bentuk pecahan, yaitu sebesar 14.3%. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan dalam memanipulasi bentuk aljabar adalah mahasiswa terburu-buru, kurang teliti, kurang memahami konsep prosedural operasi hitung baik pada operasi pecahan maupun pada saat menyelesaikan sebuah persamaan, lupa sifat-sifat/bentuk trigonometri.